Fanatiklah Hanya Untuk Kemajuan Tim

Fanatiklah Hanya Untuk Kemajuan Tim

Posted on

Suporter Sepakbola tidak pernah jauh dari stigma negatif masyakat umum sejak dulu. Sekumpulan orang fanatik yang mendukung tim kebanggaannya dengan apapun itu cara dan resikonya. Sepakbola yang menurut orang awam hanya sebatas hiburan dengan melihat jalannya pertandingan mulai dari peluit awal pertandingan hingga akhir, akan menjadi kompleks menurut para suporter mulai dari bagaimana kondisi tim mereka mulai dari permainan hingga menejemen , pertandingan sepakbola yang menurut awam hanya untuk dinikmati menurut mereka merupakan perjuangan yang harus disengkuyung bersama , bahkan mereka rela 90 menit berdiri tanpa henti menyanyikan chant untuk memberikan support kebanggaannya. Memang mungkin akan sulit orang umum menerima dengan wajar apa yang mereka suporter lakukan untuk tim kebanggaannya. Tetapi memang kita semua tidak akan tau jika kita

Fanatiklah Hanya Untuk Kemajuan Tim2

 

Tetapi Suporter memang bukanlah mereka yang melihat sepakbola hanya sebatas hiburan. Suporter bukan penonton, mereka seolah mempunyai ikatan yang harus terus disinergikan antara mereka dengan tim. Mereka memberikan timbal balik atas perjuangan tim yang bermain dilapangan untuk suporter. Oleh karena itu bisa dibilang dalam sepakbola merekalah yang paling berperan besar untuk tim. Orang-orang fanatik yang mempunyai perhatian lebih ke tim kebanggaannya ini justru yang menjadi tonggak penting besarnya tim. Karena merekalah mayoritas pengisi tribun stadion yang tentu akan menjadi pendapatan tertinggi klub, mereka juga yang tidak lelah memberi support dan dukungan untuk tim dilapangan, mereka jugalah yang dengan bangganya membawa nama klub kebanggaan mereka dimanapun mereka berada.

Fanatisme Suporter

Hal yang menurut orang umum tidak wajar akan menjadi diartikan sangat positif apabila, itu dilakukan bercondong untuk tim dan memajukan tim semata. Tetapi kadang kefanatikan itu melewati batasan sehingga bertujuan tidak lagi untuk tim dan justru merugikan tim, inilah fakta yang justru banyak terjadi. Kecintaan pada klub kebanggaan justru digunakan sebagai dasar untuk membenci klub kebanggan lain beserta suporternya sehingga timbulah perselisihan yang akan rentan terjadinya gesekan antar mereka para suporter. Dan fakta inilah yang terjadi, sehingga tidak ayal jika mereka dicap oleh masyarakat umum sebagai perusuh dan pembuat onar.

Terlepas dari pandangan masyarakat tadi, Kefanatikan yang seperti tadi kita sebut justru akan memberikan dampak negatif ke tim. Kita ambil contoh Perselisihan antar dua suporter yang menyebabkan kericuhan tentu akan berurusan dengan pihak keamanan setempat dikasus ini adalah polisi, Sedangkan tim membutuhkan ijin dari pihak keamanan untuk setiap diadakannya pertandingan, dengan melihat adanya kericuhan tersebut tentu pertimbangan pihak keamanan akan semakin berat untuk memberikan ijin bahkan tidak diberikan ijin yang dampaknya akan sangat besar ke tim. Dengan tidak bisa menggelar pertandingan tim tidak akan mendapatkan pemasukan bahkan didenda oleh operator liga apabila pertandingan benar-benar tidak dapat digelar.

Fanatisme hal yang tadinya positif akan menjadi sangat merugikan bagi tim apabila ditempatkan pada hal yang salah.

Fanatiklah Hanya Untuk Kemajuan Tim
Fanatiklah Hanya Untuk Kemajuan Tim

Fanatik hanya untuk tujuan memajukan tim

Dewasa ini sudah semestinya mulai memilah cara mensupport tim kebanggaan tanpa memberikan dampak yang justru merugikan tim sendiri. Fanatisme yang berlebih sebaik-baiknya jika digunakan hanya untuk tim kebanggaan kita sendiri tanpa memberikan beban untuk tim. Karena seperti kita bahas tadi Suporter merupakan titik vital besarnya suatu tim. Suporter dimanapun mereka berada membawa nama tim kebanggaan mereka sehingga apa yang mereka lakukan tidak akan lepas dari nama tim kebanggaannya.

Sudah waktunya melepaskan hal-hal yang justru merugikan tim dan mulai memikirkan apa yang sudah kita berikan kepada tim kebanggaan kita.

Tulisan kiriman dari Gilang Pandu Satria
akun twitter @jamaahsoebroto

Yang ingin mengirimkan opinis tentang suporter dan sepakbola Indonesia bisa email ke cerita@infosuporter.id

=========================================

Kumpulan Video Suporter Bisa ditonton di sini

Info Suporter Lainnya:

  • fanatisme suporter tidak hanya dilapangan
  • kecintaan seseorang kepada club kebanggaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *