Hari Suporter Nasional
Hari Suporter Nasional

Selamat Hari Suporter Nasional – 12 Juli 2000 – 12 Juli 2017

Posted on

Selamat Hari Suporter Nasional – 12 Juli selain merupakan hari Koperasi juga merupakan hari yang bersejarah buat suporter bola Indonesia. 17 Tahun silam berapa kelompok suporter Indonesia menyepakati tanggal tersebut merupakan Hari Lahir Suporter Indonesia.

Hari Suporter Nasional
Hari Suporter Nasional

Melalui kelompok ASSI (Asosiasi Suporter Sepakbola Indonesia) Hari Suporter Nasional tersebut tercetus di salah satu kantor majalah olahraga di bilangan Palmerah. Dikutip langsung dari blog pelaku sejarah yang ikut berkecimpung kala itu (Bambang Haryanto)  Inisiator pendiri Hari Sepakbola Nasional adalah sebagai berikut Sigit Nugroho dari BOLA selaku tuan rumah, Mayor Haristanto, Panji Kartiko, Ryan Ardhianto (dari Pasoepati), Rudi Permadi (Aremania), Haryanto (Dari Bonekmania), Gugun Gondrong dan Ferry Indrasyarief (dari Jakmania), Herru Joko, Agus Rahmat, Eri Herdian, Leo Nandang Rukaran ( dari Viking), Robert Manurung ( dari Kampakmania), dan beberapa perwakilan dari kelompok suporter lain, seperti Macz Man dan PKT Bontang.

Sayang Asosiasi Suporter Sepakbola Indonesia yang menginisiasi lahirnya Hari Suporter Nasional hanya seumur jagung. Maka sangat wajar jika sampai sekarang tak banyak orang yang tahu tentang momen indah tersebut.

Bisakah Suporter di Lembagakan?

Beberapa waktu lalu ada usulan dari para pemangku kekuasaan untuk menggelar Jambore Suporter, Sebelumnya sudah 2 kali dilaksanakan hal serupa. Jambore Suporter? Ajang berkumpulnya para tetua suporter untuk bersama merumuskan sesuatu atau sebuah kesepakatan penting semisal “perdamaian” lalu kemudian bubar dan mungkin saja hasil pertemuan itu menguap entah kemana.

Jambore Suporter Nasional Bogor
Jambore Suporter Nasional Bogor
Jambore Suporter Nasional Bali
Jambore Suporter Nasional Bali

Mohon maaf bukan pesimistis terhadapa seremoni semacam itu, namun beberapa kali sudah terjadi. Ada kesepakatan damai, namun entah siapa yang memulai, akhirnya bentrokan dan larangan menonton terjadi lagi.

Menunggu Wujud Nyata #PenakSeduluran

Tak ada angin tak ada hujan, ada hastag #PenakSeduluran yang membuat hari adem kala itu. Suporter Sleman memberikan air minum kemasan kepada suporter Solo yang lewat saat mereka melakukan away ke Bantul. Saat pertandingan ujicoba PSIS vs Persijap ikrar damai Suporter Semarang dan Jepara berlangsung. Mereka sepakat mengakhiri konflik yang selama ini terjadi. Magelang dan Sleman pun pernah melakukan konsolidasi untuk menuju arah perdamaian.

Tidak perlu ada jambore, lembaga suporter, asosiasi suporter. Jika semua serius untuk menyudahi luka yang pernah terjadi maka selesai sudah. Memaaafkan itu baik, sementara memberi maaf adalah sebuah keberanian.

Selamat hari suporter, semoga setiap suporter bisa menonton timnya berlaga di stadion manapun tanpa gangguan dari siapapun. Rivalitas anya 90 menit. Selebihnya kita manusia biasa. Jadi jika mata dibalas mata maka dunia kita akan menjadi buta

 

Ditulis di Busway Koridor 3  – Harmoni Kalideres

Admin 1

Info Suporter Lainnya:

  • sejarah hari supporter nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *