Suporter Berulah Klub didenda

Suporter Berulah, Klub Didenda

Posted on

Tak hanya menjadi pemain ke 12 yang menyemangati tim idola saat berlaga, terkadang suporter juga membuat klub “dirugikan”. Kasus teranyar adalah saat  UEFA memberikan denda kepada Barcelona gara – gara ulah suporter mereka. Barca didenda karena suporter berlari di lapangan setelah Blaugrana menang dramatis atas PSG di ajang liga Champions beberapa waktu lalu.

UEFA menjatuhkan hukuman denda sebesar 19.000 Euro. Tak hanya Barca yang mendapat hukuman atas kejadian serupa. Klub Saint-Etienna juga dikenai denda sebesar 50.000 Euro karena suporter mereka menyalakan kembang api saat bertemu MU di Old Trafford  Klub dari Italia, Napoli juga dikenai denda sebesar 38.00 Euro karena berbagai pelanggaran saat menjamu Real Madrid di Naples.

Rusia FC Rostov juga harus membayar denda sebesar 16.000 Euro gara gara ulah suporternya yang menyalakan petasan di Stadion Sparta Prague. Sementara klub kaya baru di EPL Manchester City harus membayar 18.000 Euro atas karena tiga kasus yakni insiden masuknya suporter ke lapangan, kemudian aksi lemparan benda ke lapangan dan yang terakhir kick-off yang terlambat ketika menjamu AS Monaco

Dua klub lagi yang ketiban sial karena ulah suporter adalah Arsenal dan Bayern Muenchen. Arsenal didenda 5,000 Euro karena ada fans yang masuk ke lapangan. Sedangkan Bayern Muenchen harus membayar 3,000 Euro atas karena fans melemparkan benda ke lapangan di Stadion Emirates.

Suporter masuk lapangan

Flare dan Denda Untuk Timnas

Tak perlu jauh berkaca ke klub eropa, ulah Fans Indonesia pun kerap membuat PSSI harus di denda oleh AFC. Paling anyar adalah saat semifinal dan final Piala Presiden.

PSSI didenda sekitar Rp780 juta oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menurut Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI Hanif Thamrin, AFC meminta PSSI membayar dalam waktu tiga bulan. Namun karena besarnya denda yang diterima, PSSI akan melunasinya dalam dua tahun dengan mencicil setiap empat bulan.

Selain denda, Indonesia juga dapat peringatan keras AFC dikarenakan insiden serupa dan jika masih mengulangi kesalahan, AFC akan menaikkan denda dan menghukum timnas dengan pertandingan tanpa penonton.

Info Suporter Lainnya:

  • klub yg dapat denda akibat suporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *